Postingan

Modul 1.1.a.6 Demonstrasi Kontekstual


Pemahaman mengenai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara :
Menurut  KHD,  pengajaran  (onderwijs)  adalah proses Pendidikan dalam memberi
ilmu atau  berfaedah  untuk  kecakapan  hidup  anak  secara  lahir  dan  batin.   
Sedangkan Pendidikan  (opvoeding)  memberi  tuntunan  terhadap  segala  kekuatan 
kodrat  yang dimiliki  anak  agar  ia  mampu  mencapai  keselamatan  dan  kebahagiaan 
yang  setinggi-tingginya  baik  sebagai  seorang  manusia  maupun  sebagai  anggota 
masyarakat.


Baca Selengkapnya....



Modul 1.1.a.8 Koneksi Antar Materi

Pertanyaan pemantik dalam membuat kesimpulan dan refleksi terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara: 
  1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?

  2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 

  3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Sebelum mempelajari modul 1.1 tentang filosofi pemikiran KHD

1. Murid dapat menguasai seluruh mata pelajaran setelah mendapatkan bimbingan dari guru

2. Pembelajaran di kelas sebagian besar berpusat pada guru tanpa memikirkan tingkat
kebutuhan murid
3. Seluruh murid akan berusaha memahami pelajaran yang diberikan guru dan bisa
menyesuaikan diri dengan teman yang lainnya.

Baca Selengkapnya....


Modul 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual

1. Nilai Guru Penggerak 

    Nilai guru penggerak ada lima yaitu Berpihak pada murid, Mandiri, Reflektif, Kolaboratif dan Inovatif. Guru Penggerak diharapkan mulai berlatih dan mengadopsi kebiasaan “berpikir sistem”, lebih "memahami perubahan", “membangun keselarasan atau koherensi”, dan mengadopsi mentalitas “berpikir berbasis aset” sehingga Guru Penggerak diharapkan beranjak dari keadaan diri yang kurang berkesadaran menuju ke diri yang berkesadaran penuh bersama lima keterampilan sosial-emosianal (kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan relasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab dan beretika) yang memungkinkan bertumbuhnya pola pikir dan nilai-nilai yang diharapkan. (Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak Halaman 31-32).

Baca Selengkapnya....


Modul 1.2.a.8. Koneksi Antar Materi

Kaitan antara modul 1.1. dan 1.2. adalah sesuai dengan Filosofi Pemikiran KHD menjelaskan bahwa pendidik menuntun  murid berdasarkan kodrat alam dan kodrat  zamannya dimana murid itu tinggal serta  pendidikan yang menghamba pada anak  yang berfokus pada murid berdasarkan  minat dan bakatnya serta kebutuhan murid. 




Modul 3.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual

Pada tahap Demontrasi kontekstual modul 3.1.a 6, Calon Guru Penggerak diminta untuk melakukan wawancara 2-3 pimpinan sekolah  yang ada di sekitar lingkungan terutama pada sekolah sendiri.

Dalam kegiatan ini, saya mewawancarai dua narasumber yaitu Kepala sekolah dimana tempat saya bertugas yakni Ibu Mufida M. Latinapa, S.Pd.I., M.Pd selaku kepala SD Negeri 1 Ratolindo dan Bapak Abdul Hamid, S.Pd selaku kepala SD Negeri 8 Ratolindo. 



Modul 3.1.a.8. Koneksi Antar Materi

Pada modul 3.1 ini, tugas yang pada LMS adalah bagaimana koneksi antar materi pada modul 1 sampai dengan modul 3.1. berdasarkan panduan pertanyaan yang terdapat pada LMS. Berikut ini koneksi antar materi!

Panduan Pertanyaan :

  1. Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin?
  2. Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

 Baca Selengkapnya....



Komentar